Hoaks, daftar kartu prakerja lewat situs prakerja.vip

Posted on

Satu pesan berantai mengenai registrasi kartu prakerja tersebar di aplikasi share pesan seperti WhatsApp serta sosial media lain. Pesan itu ajak pemakai aplikasi untuk daftarkan diri melalui website prakerja.vip untuk mendapatkan pertolongan Rp600 ribu, khususnya untuk pencari pekerjaan, karyawan yang memperoleh penghentian hubungan kerja, dan untuk kenaikan kapabilitas karyawan.

Berikut cerita yang tersebar itu:

“Daftar Prakerja Saat ini

Peroleh pertolongan sebesar 600.000 dari pemerintah melalui program prakerja Kartu Prakerja ialah program peningkatan kapabilitas berbentuk pertolongan ongkos yang diperuntukkan untuk pencari pekerjaan, karyawan ter-PHK atau karyawan yang memerlukan kenaikan kapabilitas. 

Pertolongan akan dikirim tiap bulan waktu program ini berjalan

Cara untuk mendaftarkan Prakerja

Datangi website https://prakerja[dot]vip

Isi formulir data diri

Anda akan memperoleh pernyataan lewat e-mail/nomor ponsel

Pertolongan akan dikirim lewat rekening bank

berharap bagi pesan ini ke famili yang memerlukan 

https://prakerja.vip”

Tetapi, benarkah program kartu prakerja buka registrasi melalui website itu?

Keterangan:

Pesan yang tersebar itu ialah hoax, registrasi sah program Kartu Prakerja cuman lewat website prakerja.go.id.

Account sah program kartu prakerja di Instagram sudah mengklarifikasi pesan hoax itu. 

Pesan itu minta warga tidak untuk memberi nomor induk kependudukan (NIK), kartu keluarga (KK). Nomor hp, alamat surat elektronik. Atau data personal yang lain pada pihak yang tidak bisa dilakukan konfirmasi kebenarannya.

“Sahabat Prakerja, minta siaga pada semua bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja,” demikian klarifikasi account Instagram Kartu Prakerja di Minggu (11/10).

Alamat sah website Kartu Prakerja ialah www.prakerja.go.id 

Program pertolongan dari pemerintah yang dikoordinasikan lewat Kementerian Koordinator Bagian Perekonomian itu sediakan nomor telephone untuk warga untuk mengklarifikasi info sah, yakni 0800-150-3001. Nomor itu adalah nomor bebas pulsa.

Sesaat website yang tercantum dalam pesan berantai dapat jadi adalah website penipuan (phising) yang seringkali ada dalam bermacam-macam info atau penawaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *