Logistik PON Papua akan Diangkut dengan 2.000 Peti Kemas

Posted on

Keperluan logistik untuk penerapan Minggu Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 akan diantar dengan memakai seputar 2.000 peti kemas (container). Sekarang ini, penyediaan logistik untuk acara pesta olahraga paling besar di Indonesia itu sedang masuk perampungan kontrak yang direncanakan habis pada Januari tahun kedepan.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Ketua Harian Pengurus Besar (PB) PON XX Papua, Yusuf Yambe Yabdi, di Jayapura, Papua, Jumat (9/10). Menurut Yusuf, logistik yang akan diantar itu salah satunya ialah piranti laga, konsumsi, serta barang yang lain.

“Sesuai agenda laga yang telah dikatakan KONI Pusat, yakni laga PON XX Papua dimajukan, (diawali) 2 Oktober 2021. PB PON XX Papua mulai kerja, mempersiapkan seluruh keperluan logistik penyelenggaraan PON,” sebut Yusuf seperti diambil dari Tabloid Jubi.

Yusuf menjelaskan, sesudah kontrak penyediaan usai pada Januari, karena itu penyediaan direncanakan beres pada Juni tahun kedepan. Setelah itu, pada periode Juni-Juli pengiriman logistik ke pulau paling timur Indonesia itu mulai dilaksanakan.

“Juli ada barang yang telah masuk, sebab distribusi logistik dari Jakarta serta Surabaya pengirimannya rerata sebulan.

Kita akan kehadiran nyaris 2.000 container

Serta harus mempersiapkan waktu spesial untuk (rombak muat) logistik itu,” kata Yusuf. Logistik itu akan ditebar keempat daerah pelaksaan PON. 4 daerah itu ialah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, serta Merauke.

“Persiapan data kita telah 100 %, selanjutnya (diteruskan dengan) penyediaan logistik, sesuai keperluan yang dikatakan oleh semasing bagian serta cabang olahraga,” sebut Yusuf.

Kecuali siap-siap untuk terima logistik, Papua sedang kerjakan pembangunan terminal penumpang di Dermaga Jayapura. Pembangunan terminal dengan kemampuan 2.000 orang itu sedang dipercepat.

“Februari tempo hari kita awali membuat terminal penumpang 2 lantai, memiliki 2.000 orang. Kemampuan terminal penumpang awalnya cuman 500 orang. Kami sasaran usai sebelumnya penyelenggaraan PON,” kata Manager Servis Barang serta Bermacam Usaha PT Pelindo IV Cabang Jayapura, Edy Harianto.

PON Papua ialah PON pertama di teritori paling timur Indonesia semenjak pertama kali diadakan di Solo pada 1946. Dijadwal pada 2 Oktober 2021, tarikh itu sebetulnya mundur satu tahun dari agenda sebelumnya tahun ini untuk resiko wabah virus corona (COVID-19).[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *