Rebo Wekasan: Sejarah, Tradisi dan Doa yang Biasa Diamalkan

Posted on

Beberapa warga di Indonesia kenal adat Rebo Wekasan. Budaya ini biasa dilaksanakan pada hari Rabu paling akhir bulan Safar dalam kalender Islam. Waktu adat Rebo Wekasan warga biasa memanjatkan beberapa doa. Santri di Pondok Pesantren Nurul Islam contohnya tahun ini berdoa supaya wabah COVID-19 dapat selekasnya usai.

“Mudah-mudahan COVID-19 selekasnya usai di muka bumi,” kata santri Sahru Maulidina dari Pondok Pesantren Nurul Islam, yang menjelaskan adat Rebo Wekasan dikerjakan tiap tahun. Rebo Wekasan di sejumlah wilayah disebutkan dengan Rabu Tandasan. Keinginan di Rabu Tandasan dikatakan santri Wahidatul Imamah dari Pondok Pesantren Nurul Iman.

“Kami berharap penyakit Corona selekasnya diambil, supaya kehidupan di Indonesia serta di dunia selekasnya normal,” tutur Wahidatul yang menerangkan tandasan di Rabu Tandasan ini berarti terakhir. Dalam arsip informasi detikcom, adat Rebo Wekasan dilaksanakan warga Probolinggo serta Banyuwangi, Jawa Timur, dan Kudus, Jawa tengah. Rebo Wekasan rupanya dikerjakan warga Dusun Banjarsari, Kecamatan Nusawungu, Cilacap, Jawa tengah.

Berikut riwayat, adat, serta doa yang dapat diamalkan di Rebo Wekasan:

1. Riwayat Rebo Wekasan

Setiap wilayah kemungkinan punyai versus sendiri berkaitan riwayat Rebo Wekasan. Rebo Wekasan berkaitan Safar yang dipandang bulan apes hingga condong menghindar peristiwa itu. 

Asumsi itu raib bersamaan hadirnya Islam untuk agama logis yang mengimani kebesaran Allah SWT. Adat Rebo Wekasan  berkaitan dengan leluhur warga ditempat, contoh Syaid Doro Ali Al-Idrus di Dusun Jepang, Kudus, Jawa tengah.

“Beliau satu diantara figur yang melestarikan mushola ini. Serta figur ini yang dekat, selanjutnya hidupkan kembali lagi adat Rebo Wekasan,” kata Aziz.

2. Adat Rebo Wekasan

Benang merah adat Rebo Wekasan ialah berdoa menginginkan bantuan dari Allah SWT. Tetapi langkah muslim berdoa di Rebo Wekasan tidak sama sesuai dengan adat setiap daerah.

Contoh pawai obor, baca doa yang dipegang beberapa kiai serta figur agama, dan minum air suci dari tujuh mata air. Adat Rebo Wekasan di Kudus, Jawa tengah, diimbangi Kirab Air Salamun yang dari air sumur warisan Sunan Kudus di komplek Mushola Wali.

Di Banyuwangi, Jawa Timur, adat Rebo Wekasan dengan diawali mengarak hasil bumi ke arah Pantai Cacalan. Sesudah berdoa, masyarakat mandi di pantai untuk lambang terlepas dari beberapa hal yang kurang baik.

3. Doa Rebo Wekasan

Doa yang disampaikan tentu saja mengharap serta minta perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT. Kecuali doa, warga serta figur agama ditempat membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW.

Dalam tulisan berjudul Riwayat serta Arti Adat Rebo Wekasan di Dusun Banjarsari, Kecamatan Nusawungu, Cilacap, dari IAIN Purwokerto, adat doa Rebo Wekasan serta sholawat dengan diawali sholat harus berjamaah. Sholat dipegang pemuka agama ditempat sebelumnya diteruskan doa serta sholawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *